AMIR SAKIB, KADES TAK USAH TAKUT GUNAKAN DANA DESA SELAMA SESUAI ATURAN

KUALA TUNGKAL – Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib, menegaskan kepada seluruh kades di daerah itu agar tidak takut-takut menggunakan dana desa selama penggunaannya sesuai aturan yang berlaku.

Hal itu ditegaskannya saat membuka Acara Sosialisasi Dana Desa dan TP4D yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Tanjabbar bekerjsama dengan Pemkab Tanjabbar di Gedung Pola Kantor bupati Tanjab Barat, Kamis (24/8/17).

Menurut Amir Sakib, bergulirnya dana desa tersebut berjalan sejak tiga tahun yang lalu jadi sudah sangat terlihat hasilnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Dana desa ini kan sudah ada sejak tahun 2015 yang lalu, sudah terlihat capaiannya bagi masyarakat desa seperti jalan rabat beton, pembangunan Kantor Desa, Pasar Desa, normalisasi parit untuk pengairan dan lain-lain,” beber Amir Sakib.

Maka melalui forum ini, saya berharap kepada seluruh kades agar memanfaatkan dana desa ini dengan sebaik-baiknya serta prioritaskan kebutuham masyarakat.

“Patuhi aturan yang ada. Jangan takut jika kita benar apalagi kita ada bantuan pengawasan dari Tim Pendamping dari TP4D”, ujar Wakil Bupati Tanjabbar itu.

Sebelumnya, Ketua TP4D Tanjabbar Ikrar Demarkasi, SH, MH mengutarakan bahwa acara ini adalah salah satu upaya Tim TP4D mengawal, terutama mengantisipasi kesalahan pengelolaan dana desa baik penyaluran, pengawasan dan realisasi dari pemanfaatan dana desa tersebut.

Sementara, Kajari Tanjabbar Tri Joko, SH mengatakan tugas Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) disini sangat penting terutama dalam upaya pencegahan terjadinya penyimpangan dalam penggunaan dana desa agar tetap sesuai koridor, sehingga diharapkan dapat meminimalisir penyimpangan yang mengarah kepada terjadinya tindak pidana.

“Adanya TP4D disini sifatnya mencegah penyimpangan anggaran jadi para kades tidak usah khawatir, kita pasti bantu. Misal bapak-bapak mengerjakan proyek jembatan bapak tidak tahu, nah di sini desa bisa tanyakan pada tim TP4D,” ujar Tri Joko.

Tampak hadir diacara ini tim TP4D Tanjab Barat, Perwakilan Kementrian Desa RI, Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Inspektorat Tanjab Barat, para camat dan Kepala Desa dan tenaga pendamping desa Se-Tanjab Barat.

Sumber : Lintas Tungkal

Di Publikasikan pada : 25/08/2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.